6/20/2010

Amfibus, Bus Berjalan di Darat dan Air


autobuz_1

Sebuah bus yang bisa berjalan di darat dan air tengah di uji coba di Sungai Clyde, Glasgow, Skotlandia. Seperti halnya katak, bus ini diberi julukan bus amfibi alias amfibus. Kendaraan buatan Belanda seharga 700.000 Poundsterling (Rp. 10.5 miliar) ini berkapasitas 50 penumpang. Bulan Maret, amfibus menggantikan kapal feri yang selama ini menyeberangkan penumpang dari Renfew ke Yoker. Operator kapal feri menghentikan kegiatan operasionalnya. Selama dua hari berturut-turut, amfibus mendemostrasikan kemampuannya berjalan di darat dan air. Sayang, demonstrasi itu ternoda saat mesinnya macet ketika hendak “mendarat” di Renfrew.
Pihak Stagecoah, operator amfibus berjanji segera memperbaikinya agar amfibus ini bisa segera beroperasi. Dan menurut salah satu stafnya, mereka telah menguji amfibus di Roterdam, Belanda dan berjalan lancar.
Berikut beberapa screenshot dari amfibus yang saya maksud:
amfibus2


autobuz3
Nah, menurut saya kendaran sejenis ini sangat bermanfaat kalo ada di Negara kita yang notabene merupakan negara kepulauan. Tapi harganya itu yang sangat muaahaaaalll

0 komentar: